Apple Luncurkan iPad Air Terbaru dan iPad Generasi Ke-8 Harganya

Posted on

Apple Luncurkan iPad Air Terbaru dan iPad Generasi Ke-8 Harganya – Seperti yang diharapkan kebanyakan para penggemar produk Apple, akhirnya menjadi kenyataan. Ya! Dalam sebuah acara yang digelar pada tanggal 15 September 2020, Apple mengumumkan kehadiran dua iPad terbarunya, iPad Air dan iPad (8th Generation).

Apple Luncurkan iPad Air Terbaru dan iPad Generasi Ke-8 Harganya

Seperti dijelaskan oleh Apple dalam presentasinya, iPad Air yang baru datang sebagai perangkat gadget pertama di dunia yang didukung oleh chipset dengan fabrikasi 5nm. Sementara, iPad (8th Generation) merupakan tablet terbaru dari Apple yang ditawarkan dengan harga lebih terjangkau.

Seri iPad Air dirancang sebagai jalan tengah antara lini iPad Pro dan iPad standar. iPad Air yang hadir di tahun ini sedikit berubah karena ini adalah perangkat pertama yang diluncurkan oleh Apple dengan dukungan chipset Apple A14 Bionic 5nm, yang sepenuhnya baru.

Dijelaskan, bahwa ditopang dengan CPU Hexa-core terbaru, chipset ini memiliki 11,8 miliar transistor dan menawarkan peningkatan kinerja CPU sebesar 40% dan peningkatan kinerja GPU sebesar 30%. Chipset terbaru ini juga menawarkan peningkatan 10x dalam machine learning.

Terkait dengan tabletnya itu sendiri, Apple telah menggunakan desain baru. iPad Air terbaru menyingkirkan bezel tebal untuk bingkai yang lebih ramping dan seragam. Desain baru ini juga menyebabkan hilangnya tombol TouchID di bagian bawah layar, dan sekarang memiliki rumah baru.

Ya! Apple telah memindahkan pemindai sidik jari ke bagian atas yang terkubur di bawah tombol daya

Jadi saat pengguna memencet tombol daya, iPad juga akan terbuka. iPad Air terbaru memiliki layar yang sedikit lebih besar daripada model tahun lalu, tetapi masih belum mendukung refresh rate 120 Hz seperti yang tersedia di iPad Pro.

Apple mengatakan bahwa layarnya adalah liquid retina dengan ukuran 10,9 inci. Tetapi, dengan bezel yang dipangkas, seharusnya tablet ini lebih mudah dipegang. Layar sepenuhnya dilaminasi dan memiliki lapisan anti-reflektif, P3 color gamut, dan dukungan True Tone.

Pada sektor kameranya, iPad Air terbaru datang dengan dukungan kamera depan 7 MP f/2.0 dan kamera belakang 12 MP f/1.8 yang sama seperti yang tersedia pada iPad Pro. Tablet ini juga memiliki port USB-C dengan dukungan untuk pengisian cepat 20W (pengisi daya 20W disertakan di dalam kotak).

Ada juga dukungan untuk Apple Pencil generasi ke-2, Smart Keyboard Folio, dan Apple Magic Keyboard. Nah! Untuk harganya, iPad Air terbaru dijual seharga US$ 599 (Rp8,9 juta) untuk versi 64 GB. Sementara, untuk versi 256 GB dibanderol dengan harga US$ 749 (Rp11,2 juta).

Jika konsumen menginginkan versi LTE, iPad Air terbaru dengan internal storage 64 GB dijual seharga US$ 729 (Rp10,8 juta)

Sedangkan versi 256 GB ditawarkan dengan harga US$ 879 (Rp13 juta). Tablet ini mulai dijual pada bulan Oktober 2020 dengan pilihan warna Space Grey, Silver, Rose Gold, Green, dan Sky Blue.

Jika konsumen menginginkan tablet buatan Apple yang lebih terjangkau, iPad (8th Generation) adalah jawabannya. Tablet ini hadir dengan chipset Apple A12 Bionic yang menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan A10 Fusion pada model tahun lalu.

Desainnya pun tidak banyak mengalami perubahan sama sekali. Jadi konsumen masih terjebak dengan bezel tebal dan ToucID tetap dalam posisi yang sama. Seperti juga iPad Air terbaru, iPad (8th Generation) juga berjalan dengan iPadOS 14 terbaru yang menghadirkan serangkaian fitur baru.

Ada dukungan untuk Apple Pencil generasi pertama yang memungkinkan pengguna menulis tangan di bidang teks apa pun. Ada juga pengenalan bentuk, yang berarti ketika pengguna menggambar sebuah lingkaran yang tidak terlihat seperti itu, bisa menjadi lingkaran yang sempurna.

Apple juga menjanjikan bahwa dukungan Chipset A12 Bionic memungkinkan pengguna memainkan game dari Apple

Arcade tanpa hambatan. Sementara, untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih baik, pengguna juga dapat memasangkan kontroler Xbox atau PS4 ke dalam tablet ini.

iPad (8th Generation) terbaru memiliki layar berukuran 10,2 inci dengan resolusi 2.160 x 1.620. Ada penyimpanan internal 32 GB dan yang lebih luas 128 GB. Kamera belakangnya 8 MP dan kamera depan 1,2 MP. Apple mengatakan baterai 32,4 watt-hour bisa bertahan hingga 10 jam untuk berselancar di internet menggunakan Wi-Fi.

Berbeda dengan iPad Air terbaru, Apple langsung membuka penawaran pre-order untuk iPad (8th Generation). Setelah diperkenalkan dan akan mulai dijual pada tanggal 18 September 2020. Harganya US$ 329 (Rp4,9 juta) untuk versi Wi-Fi 32 GB dan US$ 459 (Rp6,8 juta) untuk versi LTE.

Sementara bagi konsumen yang tertarik membeli model 128 GB, tablet ini dibanderol dengan hargaU$ 429. (Rp6,4 juta untuk versi Wi-Fi dan US$ 559 (Rp8,3 juta) untuk versi LTE. Apple juga menjanjikan tablet ini akan tersedia dalam pilihan warna Space Grey, Silver, dan Gold.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *